Berita

Cara Lapor Efiling Pajak Dengan Klikpajak!

Summary

Efilling merupakan salah satu cara paling mudah untuk lapor pajak secara online. Melakukan pembayaran pajak dengan e-filing ini, merupakan cara yang paling mudah untuk laporan pajak dan juga resmi dari Ditjen Pajak Indonesia. Salah satunya, Anda bisa memanfaatkan platform atau […]

Efilling merupakan salah satu cara paling mudah untuk lapor pajak secara online. Melakukan pembayaran pajak dengan e-filing ini, merupakan cara yang paling mudah untuk laporan pajak dan juga resmi dari Ditjen Pajak Indonesia. Salah satunya, Anda bisa memanfaatkan platform atau aplikasi Klikpajak untuk bayar pajak secara online lewat e-filing.

Anda bisa melakukan pelaporan SPT Masa dan Tahunan PPh Badan yang sudah terintegrasi dan tercatat riwayat pajak Anda secara aman dan akurat. Anda juga akan mendapatkan bukti bayar elektronik dan posting SPT secara resmi langsung dari DJP online.

Mengapa Harus Pakai Efilling Klikpajak?

Perlu dipahami bahwa e-filing merupakan sistem pelaporan pajak tahunan yang bisa dilakukan secara online dan memiliki sistem. Pembuatan e-filing ini melalui e-filing DJP atau bisa juga lewat jasa aplikasi pajak resmi salah satunya dari Klikpajak by Mekari.

Fitur e-FillingĀ  dari Klikpajak bisa anda pakai, untuk pelaporan SPT badan dan juga pribadi. Untuk Anda yang ingin melakukan pelaporan SPT dengan e-filing dari aplikasi Klikpajak maka membutuhkan syarat berupa EFIN, nomor NPWP yang valid, akun Klikpajak yang bisa anda buat dengan mudah pada aplikasi, formulir SPT dan juga formulir CSV pajak yang sudah anda laporkan.

Untuk lapor pajak, selain menggunakan e-filing pajak Anda juga bisa memanfaatkan e-SPT. Namun perlu diketahui keduanya memiliki perbedaan meski sama-sama punya fungsi untuk penyampaian SPT. Efilling merupakan penyampaian SPT yang bisa dilakukan secara online dan juga realtime lewat halaman DJP online atau melalui aplikasi resmi DJP seperti Klikpajak.

Sedangkan untuk eSPT, merupakan pelaporan SPT online yang disediakan oleh DJP. Namun tenang saja, jika anda ingin menggunakan eSPT pada Klikpajak juga bisa lewat fitur eSPT PPh Badan dan rapat PPN.

Cara Lapor Pajak Dengan Efilling

Adapun cara lapor pajak dengan efilling, maka harus mengikuti step by step-nya berikut ini.

  • Yang pertama Anda harus menggunakan fitur e-filing dari Klikpajak. Setelah itu Anda harus login dan melakukan registrasi. Anda juga harus didaftarkan ke Klikpajak dari menu “Daftar EFIN”. Hal ini berlaku untuk anda yang belum daftar EFIN.
  • Kemudian Anda masuk ke pengisian form pendaftaran yang akan dilakukan satu kali saja.
  • Lalu akan ada email yang masuk untuk verifikasi. Nah email verifikasi ini bertujuan untuk Anda bisa menggunakan semua fitur yang ada pada aplikasi.
  • Setelah proses verifikasi, anda akan kembali ke menu utama dan kembali lagi login lewat my.klikpajak.id. sekarang Anda tinggal lapor SPT dengan pilih menu “Lapor Pajak” dan klik “efilling SPT”.
  • Kemudian setelah itu, Anda akan disuruh untuk melampirkan file CSV yang sudah didapatkan dari aplikasi e-faktur atau e-SPT. Setelah file CSV valid maka akan muncul informasi jenis SPT, Masa pajak, NPWP dan juga keterangan pembetulan.
  • Anda akan mendapatkan laporan berhasil dan akan muncul bukti pelaporan elektronik atau BPE dan anda akan mendapatkan NTTE yang juga akan diarsipkan pada bagian fitur Arsip Pajak.

Untuk catatan, Anda juga bisa melampirkan file PDF yang ingin dilaporkan di file yang tersedia. Namun lampiran.pdf ini bersifat opsional apalagi jika status pelaporan SPT badan nihil. Jika status SPT anda Kurang Bayar maka filenya wajib dilampirkan untuk bukti pembayaran pajak.

Kini anda sudah tahu bagaimana kemudahan penggunaan efiling untuk bayar pajak secara online melalui aplikasi Klikpajak. Bagi Anda yang ingin menggunakan aplikasi ini perlu diketahui bahwa aplikasi bisa diakses gratis tanpa melalui instalasi. Anda hanya perlu membuka browser saja, maka aplikasi bisa langsung digunakan dengan login.

Yang menginginkan fitur-fitur tambahan dari aplikasi ini maka anda bisa berlangganan aplikasi per bulan dengan biaya yang cukup terjangkau. Anda bisa memilih berlangganan untuk 500 ribu perbulan dan juga 1 juta perbulan. Informasi berlangganan Anda bisa langsung kunjungi klikpajak.id dan masuk ke fitur Hubungi Sales. Pada fitur ini anda bisa berdiskusi dengan sales dari Klikpajak, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan aplikasi perpajakan yang diinginkan. Diskusinya bisa lewat chat atau meeting online yang bisa anda sesuaikan jadwalnya.