Berita

Cara Menyimpan Tepung Terigu

Summary

Tepung terigu menjadi salah satu bahan yang harusnya tersedia di dapur. Sebab tepung digunakan untuk beragam hidangan. Namun terkadang  kesalahan dilakukan dalam menyimpan persediaan tepung di rumah. Karena kesalahan ini membuat simpanan tepung cepat apek dan tidak layak pakai. Karenanya […]

Tepung terigu menjadi salah satu bahan yang harusnya tersedia di dapur. Sebab tepung digunakan untuk beragam hidangan. Namun terkadang  kesalahan dilakukan dalam menyimpan persediaan tepung di rumah. Karena kesalahan ini membuat simpanan tepung cepat apek dan tidak layak pakai. Karenanya Anda harus tahu cara menyimpang tepung terigu yang benar sebagai berikut:

  • Gunakan wadah kedap udara

Udara bisa membuat tepung bau tengik dan berkutu. Agar tepung lebih tahan lama, gunakan wadah kedap udara misalkan wadah plastik tebal atau stoples kaca. Pastikan juga wadah dalam keadaan kering sebelum digunakan agar tepung tidak menggumpal. Selama penyimpanan pastikan wadah tertutup rapat, jika harus mengambil juga tutup kembali dengan rapat.

  • Kemas dalam ukuran kecil

Agar tidak mudah terkena udara, Anda bisa mengemas tepung dalam kemasan berukuran kecil atau kebutuhan sekali pakai. Dengan demikian tepung tidak akan terpapar udara dari luar ketika membutuhkan dalam pemakaian. Tidak masalah lagi meskipun dibuka tutup. Tinggal simpang kemasan-kemasan kecil dalam wadah kedap udara dan simpan di tempat kering.

  • Tambahkan silica gel

Untuk lebih memaksimalkan agar tepung awet selama penyimpanan, Anda bisa menggunakan silica gel dalam wadah penyimpanan tepung. Silica gel berfungsi membuat tepung tetap kering sehingga tidak mudah tengik dan dijauhi kutu. Namun pastikan menggunakan silica gel khusus makanan yang aman dan tidak mengubah aroma dan rasa.

  • Letakkan wadah penyimpanan di lemari dapur

Setelah memastikan tepung tersimpan dalam wadah penyimpanan dengan baik, pastikan wadah diletakkan di tempat yang benar, akan lebih baik menyimpannya di lemari dapur yang kering dan gelap. Tempat ini dapat membuat tepung bertahan selama beberapa bulan.

  • Bisa disimpan dalam freezer

Selain menyimpan di lemari, bisa juga memanfaatkan freezer untuk menyimpan tepung agar lebih awet. Tentu dengan tetap menyimpang dalam wadah kedap udara dan tertutup rapat baru disimpan dalam freezer.

Itulah cara menyimpan tepung agar lebih awet, tidak lekar apek dan berkutu. Tentu menyebalkan ketika akan mengambil simpanan tepung untuk memasak ternyata tepung tidak layak pakai. Karenanya mulai saat ini simpanlah tepung dengan cara yang benar.